Jumat, 07 Februari 2014

Cara Mengurangi Sakit Maag Untuk Ibu Hamil

Cara Alami Cepat Hamil kembali berbagi informasi mengenai tips hamil, kali ini dengan judul Cara Kurangi Sakit Maag Untuk Ibu Hamil. Dengan demikian bagi anda ibu hamil dalam menjaga kesehatan selama kehamilan sebaiknya anda dapat menghindari makanan yang dapat merangsang lambung anda seperti makan dan minum yang memiliki rasa asam berlebih, minum kopi, minuman bersoda. Jaga selalu pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat selama kehamilan anda berlangsung.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda ambil untuk mengurangi sakit maag ketika sedang hamil :
  1. Ketika sedang berbadan dua, nafsu makan menjadi menurun sehingga anda harus menyiasati agar nafsu makan anda tetap meningkat. Anda dapat mengatur jadwal makan dengan porsi kecil dan frekuensi yang lebih sering sehingga anda tidak akan merasakan rasa kenyang yang membuat anda tidak nyaman.
  2. Dengan mengunyah makanan dengan benar dan perlahan maka ibu hamil memiliki manfaat seperti lebih kenyang dan menjaga kebersihan mulut, hal ini berkaitan dengan hidrogen karbonat dalam air liur yang dapat menetralkan pembentukan plak-plak. Selain itu dapat membantu pencernaan dikarekan air liur dapat memecah partikel makanan ketika sedang dikunyah. Terakhir manfaatnya akan meningkatkan produksi air liur dan membantu anda untuk menyerap nutrisi, vitamin, dan partikel yang diserap dan menaikan energi di dalam tubuh.
  3. Hindari berbaring setelah mengkonsumsi makanan, bagi anda yang setelah makan dan merasakan ketidaknyamanan pada perut hindari berbaring setelah makan dikarenakan asam lambung akan mudah berbalik kembali ke kerongkongan ketika anda berbaring setelah makan. Ambilah jeda waktu 30-45 menit sebelum anda berbaring.
  4. Apabila anda akan berbaring sebaiknya posisikan kepala anda lebih tinggi dari kaki, hal ini dikarenakan dapat membantu anda untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan dan mencegah terjadinya heartburn pada ibu hamil.
  5. Anda dapat menggunakan pakaian khusus ibu hamil, pakaian yang longgar akan memberikan kenyamanan pada ibu hamil. Hal ini akan membantu anda menghindari tekanan pada bagian perut sehingga anda akan tetap nyaman beraktifitas.
  6. Hindari stres ketika sedang hamil, ketika anda mengalami tekanan psikis maupu fisik selama kehamilan maka dapat memicu produksi asam lambung. Ada baiknya anda menikmati masa kehamilan disertai dengan dukungan.
  7. Bagi ibu hamil yang menderita maag atau mencegah agar tidak terjadi gangguan maag selama kehamilan, anda dapat menjaga kesehatan psikis anda, terutama menikmati masa-masa kehamilan. Kehamilan di trimester pertama seringkali dikeluhkan oleh ibu hamil muda karena rasa mual dan muntah yang tidak tertahankan.
  8. Mengatasi maag pada ibu hamil hindari perut yang kosong, usahakan sarapan di pagi hari. Bagi anda yang sering mengeluhkan morning sickness, anda dapat menenguk air hangat di pagi hari. Carilah suasana yang berbeda dengan menu yang variatif agar sarapan di pagi hari menyenangkan.
  9. Konsultasikan dengan dokter anda ketika akan mengkonsumsi obat maag, bagaimanapun kondisi anda yang sedang hamil tidak dapat mengkonsumsi sembarang obat dikhawatirkan akan menganggu kesehatan ibu dan perkembangan janin.
Itulah artikel mengenai Cara Mengurangi Sakit Maag Untuk Ibu Hamil yang di ambil dari site bidanku.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar