Minggu, 26 Januari 2014

8HAL YANG HARUS DI JAGA DARI LISAN



  1. MENJAGA LESAN DALAM AJARAN ISLAM

              BUAT  APAKAH SEBENARNYA ANDA DIBERI LISAN (MULUT) ?BERAPA B ANYAK  KE NIKMATAN YG ANDA RASAKAN dari lesan anda ?maka dari itu syukurilah kenikmatan lesan anda itu yaitu hendaklah agar lesan anda itu pergunkan untuk :
   Memperbaanyak dzikir kepada allah.
    meperbyak membaca al-quran.
    Menutut org lain menuju agama allah
    Melahirkan sesuatu yg ada dlm batin anda dari sgala kebutuhan yg berkenaan dgn agama urusan ke duniaan anda .andai kata lisan anda itu anda pergunakan buat mengucapkan dan mengatakan sesuatu perkara yg tidak semestinya,maka berarti anda telah mengkufuri nikmat pemberian allah yg diterapkan pada  Lisan.ketahuilah, bahwa lisanadalah merupakan anggota  yg paling  menang dan paling banyak dalam menalahkan anda dan terhadap kebany akan orang.
           Adanya manusia sampai  dijungkir balikkan, dijerumuskan da dijebloskan ke dalam jahanam, adalah juga akibat ucapan lisanya. Maka dari itu, sekali lagi jagalah……. Jagalah jagalah lisan anda dengan sungguh-sungguh dan sekuat- kuatnya, yg sehingga lisanmu itu jangan sampai dapat menjadikan sebab anda dijebloskan ke dalam neraka jahannam.                                 
        Perhatikanlah peringatan dalam sebuah hadits;

     Artinya;’’ sesungguhnya orang yg karena mengeluarkan  perkataan denang ucapan yg mengandung maksud meremhkan kawanya, maka dengan sebab ucapan itu, ia dimasukn dalam jahannam tergeludung ke bawaa selama 40 tahun.’’
          Perhatikan pula sebuah riayat hdits di bawh ini;

      Artinya;’’ telah di riwyatkan bahwa d salah seorang gugur mati dlm pertempurn di masa rasulullh saw.di itu ada salah seorang yg mengatakan;’’utug seali sahid mati  dalam prrtempuran, ia tentu masuk syurga?” maka rasulullah saw. Bersabda: dari mana kamu ketahui kalau ia enak dengan syurga? Padahal boleh jadi ia   pernah mengatakan sesuatu yg tidak memberikan manfaat, kepadanya, dan pernah membakhili sesuatu yg tidak dapaat memberikan kecukupan kepadanya.’’     
        Dari kedua hadits tersebut, maka jagalah lisanmu dengan sungguh-sungguh, jangan sampai lisan anda itu melanggar melakukan 8 hal, yaitu:

      ( 1). DUSTA
                 Dusta di sini  baik sesungguhnya ataupu tidak. Dan janganlah anda biasakan berdussta dengan sembarangan. Sebab anda menjadi sebenar benar pendusta. Ketahuilah,  bahwa dusta adalah termasuk unsur dari pada induk dosa besar. Oleh itu. Jika anda sesudah mengerti permasalahanya, tapi anda masih melakukannya sudah pasti akan hilaglah ifat keadilan anda, danakan hilanglah kepercayaan anda.akibatnya, para manusi sama benci terhdap anda.
        (2)MENGINGKAR JANJI
        (3)GHIBAH(menuturkan keburukan orang lain)
        (4)BERTENGKAR,&KEBANYAAN MENGGOSIP
        (5)MENGATAKAN DIRINYA PALING SUCI
        (6)MELAKNATI
        (7)MENDOAKAN KEJELEKAN KEPADA ORANG LAIN
        (8)SINIS &MENGHINA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar