Rabu, 22 Januari 2014

RUKUN ISLAM DAN MAKNANYA



RUKUN ISLAM ADA LIMA PERKARA

        *MENGUCAP DUA KALIMAT  SYAHADAT#

 1-Mengetahui dua kalimat syahadat,inilah yg dikatakan ilmu usuludin dan ilmu tauhid.Maka wajiblah tiap2  yg mukalap  mengenal pada tuhannya,yaitu Allah swt dgn segala sifatnya yg wajib bagi Allah dan yg Mustahil padanya dan yg harus padanya demikian pula yg wajib bagi rusul alaihimusyolatu wassalam dan yg mustahil dan yg harus baginya

          *SHOLAT LIMA WAKTU#

2-sholat lima waktu satu hari satu malam,wajib untuk melaaksanakannya dan waktu nya telah ditentukan. Jika taksanggup berdiri maka blh duduk,kalau taksanggup duduk maka blh berbaring,jika taksanggup berbaring maka memberi isarat,jika taksaanggup juga maka dgn hati,jika semuanya tak berpungsi maka mati,jika sudah mati maka wajib di sholatkan,menunaikan fardu kipaya.

            *PUASA PADA BULAN ROMADHO#   

3-Berpuasa didlm bulan yg telah ditentukan yaitu bln romadhon. Maka wajiblah bagi yg balig lagi berakalUntuk melaksanakannya, baik laki2 maupun perempuan,bagi perempuan yg datang bulan pada masa itu .maka tidak  boleh melaksanakan puasa dan ia harus menggantinnya di bulan yg lain.

           *MEMBAYAR  ZAKAT#

4- Membayar zakat fitrah bagi yg mampu dan wajib di laksanakan diakhir bulan romadhon ketika masuk satu syawal dan disunahkan pada awal bulan romadhon ataupun di pertengahannya.

           *HAJI  BGI YG MAMPU#

5-Haji bagi yg mampu dan waktunyapun telah ditentukan yaitu di bln julhijah atau di sebut bln haji.
             Apabila seseorang hamba telah melaksanakan kelima rukun ini,maka sempurnalah keislamannya mudah2han kita menjadi muslim yg sejati.AMIIN YA ROBBAL ALAMIIM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar