Selasa, 21 Januari 2014

WANITA CANTIK JELITA AJA MASUK ISLAM



             KISAH ASYIF BIN BARKHAYA
        Asyif bin barkhaya adlh tangan kanan Nabi sulaiman.Dialah seorang hambah Allah yg sholeh,yg begitu dekat dgn-Nya hingah Allah membukakannya suatu rahasia Alam ghoib.Dialah yg mempunyai kekuatan luar biasa yg sanggup memindahkan  sebuah istanah,yaitu istanahnya ratu balgis dlm jarak sangat jauh dlm waktu yg sekejab mata.A syif bin barkhaya  sebuah kisa h tentang adanya suatu kekuatan ghoib yg dimiliki oleh seorang hambah Allah yg  sholih yg begitu dkt dgn-Nya.
      Kisah ini dapat dilihat didalam Alqur’an surat An-NAML antra ayat 20 -44. Ketika  nabi sulaiman meriksa burung2 dan ternyata dia tdk menemukan burung Hud-hud.Kemanakkah pergihmya  burung itu? Sulaiman pada waktu itu  berang karenah tidak mendapati  burung hud-hud di tempat,’’Aku akan meyiksanya atau menyembelihnya kecuali dia datng dgn suatu alasan yg tepat,’’
     Maka ,tdk lama setelah itu burung Hud-hudpun dtg dgn membawa suatu alasan.burung Hud-hud berkata kepada nabi sulaiman.’’Aku  telah mengetahui sesuatu yg belum   pernah kamu ketahui dan kubawakan kepadamu suatu berita dari negri saba’yg sangat penting lagi benar.sesungguhnya aku menjumpai seorang wanita yg memimpin kaumnya dan dia dianugrahi sesuatu sehiggah ia mempunyai singgah sanah yg besar dan paranya sangat canti lagi menawan, setiap orang yg melihatnya akan terpesonah,tetapi sayang nabi Allah sulaiman dia dan kaumnya menyembah mata hari,bukan menyembh Allah; dan syetan telah menjadikan mereka memandang baik perbuatan2 merekah lalu menghalangi merekah dari jalan Allah, sehingga mereka tidak mendapat suatu petunjuk.’’,lalu pergi
       Seorang wanita yg dimaksud oleh burung Hud-hud ialah ratu balgis yg memimpin kerajaan sabaiyah.ratu balgis dan kaum nya menyembah matahari dan tidak menjadikan islam sebagai agamamya.
       Nabi sulaiman mendengar berita yg diceritaan burung hud-hud, sejenak tertegun sembari didalam hatinya ada rasa keragu-raguan akan kabar yg dibawa oleh burung hud-hud.’’Sulaiman berkata kepada burung hud-hud akan  aku lihat apakah kau benar,  akan beritamu itu atau kau termasuk pendusta.pergi dgn suratku ini lalu kamu jatuhkan kepada merekah, lalu pergilah dan perhatikan apa yg mereka bicarakan,’’ kata nabiAllah sulaiman.
      Setelah itu nabi sulaiman menuli sebuah surat kepda ratu balgi tersebut yg isiny sebagai berikut;
     ‘’ Dengan menyebut nama Allah yg maha pengasih lagi maha penyayang, jangan lah kamu sekalian ber laku sombong terhadapku dan datanlah kepadaku sebagai orang-orang yg berserah diri,’’
     Maka  pergilah burung Hud-hud dengan membawa sepucuk surst sulaiman kepada ratu balgis dan menjatuhkannya pas didepan nya, kemudian ia mengambil surat itu lalu membacanya.  ‘’Ini adalah sepucuk surat dari sulaiman.Dia memerintah kan kepada kita untuk takluk kepadanya,’’ kata balgis setelah membaca surat tersebut,’’berilah aku pertimbangan dlm masalah ini,apakah yg mesti kita lakukan,’’lanjutnya. Par pembesar istanah yg hadirpada saat itu, salah satunya ada yg berpendapat.
      ‘’Kita adlah orang2 yg memiliki kekuatan  dan memiliki keberanian yg sangat tangguh, dan keputusan berada ditanganmu;maka pertimbangkan apa yg akan kamu perintakan,’’katanya.
      Memang ,kerajaan sabaiya yg diperintah oleh seorang pemimpin wanita itu terkenal oleh ketangguhan dan kekuatannya dlm hal peperangan .apa yg disampaikan oleh salah seorangpembesar tersebut adalah mengingikan peperangan.Dia tidak mau menyerah begitu saja sebagiman permintaan sulaiman.ratu balgis mengatakan:
     Sesungguhny raja-raja apabila memasuki suatu negri, mereka akn membinasakan dan menjadikan penduduknya yg mulia  menjadi hina; dan demikian pulalah yg merekah perbuat.’’
     Itulah kebijakn seorang raja  perempun,ratu balgis.Di enggak mau  memenuihi  tuntutan nabi sulaiman dgn balasan yg keras yg bisa mengkibatan pertumpaha darah,keruakan yg akan merugikan semua pihak. Dia lebih meilih jalan damai.”Tidak. begini aja.Aku akan menngirim seorang utusan dgn membawa sebuah hadiah kepada  sulaiman.kita lihat nanti apa yg akan dibawa kembali oleh utusanitu’’,kata balgis.
     Maka berangkatlah utusan tersebut kepada sulaiman dgn membawa hadiah penuh harapan sulaiman akan menerima hadiah yg mereka bawa, sesampainya dikerjan nabi sulaiman merekpun menyampaikan hajat ratunya, tetapi nabi sulaiman mengatakan kepada kepada utusan2 itu
      ‘’Apaka patut kamu menolon aku dengn menghadiakan harta kepadaku?Apa yg diberikan Allah kepadaku lebih baik dari apa ygdiberikannya padamu.Kembalilah kepad mereka, kmi akan datanng kepa mereka dengan bala tentara yg tidak kuasa mereka utk melawannya dan kami akan m engusir mereka dari negri itu  sebagai orang2 hina dan mereka menjadi tunduk danpatuh.’’
Maka pulanglah utusan 2 itu dgn membawa kabar dari nabi sulaiman dgn kekecewaa yg dlm. Dan pada waktu itu nabi suaiman sudah mempuyai perencanaan;
       ‘’ Hai pembesar-pebearku, siapakah diantara kamu yg sanggup membawa singgasananya kepadaku ebelu mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yg berserah diri,’’katanya.  
        Bukan main-main yg di minta nabi sulaiman.suatu permintaan yg tidak rasional,tidak masuk akal dan nyeleneh.siapakah yg sanggup memindahkan istana ratu balgis yg sangat megah, lagipula jarak istana ratu balgis dgn istana nabi sulaiman berkilo2 mil untuk dipindahkan ke singah sana nabi sulaiman? Teknologi macam apa yg akan mampu utk memindahkannya, sudah tentu barang ter sebut tidak dapat dilogika.Tidak cocok bahkan sangat bertentangan seli dgn alur pikir.Tetapi apa yg tdk bisa dilogikkakan akal adalah suatu yg mustahil? Tidak !sekali lagi tidak!
     Menyikapi permintaan nabi sulaiman ter sebut, pada itu ifrit, salah satu dari bangsa jin menyatakan kesanggupannya  utk memindahkan istanah ratu balgis itu,Jin ifrit itu berkata .’’Aku akan membawa singgahsana itu sbelum kamu berdiri dari tempat dudukmu, sebenarnya aku bear-benar kuat dan dapat  dipercaya.’’
       I tulah kesanggupan jin ifrit utk memindahkan singgah sana balgis.suatu kesanggupan yg luar biasa,memang sesungguh nya ifrit  mempunyai kekuatan dan kemampuan utk itu. Belum sempat jin ifrit menunjukan kebolehan dan kekuatannya utk membawa istana balgis, tiba-tiba salah seorang dari hamba Allah dari kalangan manusia,mengajukan kesanggupannya  yg melebihi dari kesanggupan ifrit.seorang hambahyg sholeh itu mengatakan:
       ‘’Aku akan membawa singgah sana itu sebelum matamu ber kedip.’’
    Sunguh benar-benar enggak bisa difikirkan,jenis kemampuan apakah itu hingga sangup membawa dan memindah kan singgahsana hanya dlm waktu sekejab mata?Dialah Asyif bin barkhaya seoran tangan kanan sekaligus kepercayaan nabi sulaiman.Dialah yg disebut didlm Alqur’an sebagai orang yg mempunyai ilmu dari Alkitab ‘’(alladzi’indahu’ilmumminal kitab).Para ahlih tapsir menapsirkan Alkitab yg di mksud adalh kitab dari zabur dan taurat. Dialah seorang hambah Allah yg sholih yg tingkat kedekatanya dgn Allah eakan-akan tiada batas lagi, yg oleh karna Allah memberi izin dan telah membukakan pintu rahasia ghoib hingga ia bisa mempunyai kekuatn seperti itu.Dlm sekejab mata sudah berada didepan nabi sulaiman, ketika ia melihat singgahsana sudah dihapannya, diapun berucap;
      ‘’Ini termasuk karunia tuhanku untuk menguji aku bersukur atau aku mengingkari(nikmatnya)
    Dgn singgah sana ratu balgis yg sudah ada didepannya, sulaiman memerintahkanya agar istan itu dirubahbentuknya.’Ubahlah singgasana itu, dan akan kita lihat nanti apkah balgis masih mengenali singgah sananya atau tidak.’’ Katanya.
    Mka dlm waktu sekejab saja singgahsananya sudah berubah bentuk sesuai yg diinginkan oleh sulaiman. Dan pada waktu nya tiba ,ratu balgis dtg kepada sulaiman.
     ‘’Seperti inikah singgahsanamu?tanya sulaiman.
     ‘’Seperti nya ia! Jawab  seorang ratu yg memiliki wajah yg sangat cantik lagi menawan itu, didlm hatinya ia terheran-heran kenaapa istanahnya berada dikerajaan sulaiman,takjub dgn ketidak tauan,rtu balgis  yang mempesonah itu sebenarnya sudah tahu kalau nabi sulaiman buknlah seorang raja yg memiliki dan menguasai istana,tetapi sulaiman adlah seorang nabi,utusan tuhannya.
      ‘’Masuklah kedalam istana!’kata sulaiman.
·         Ratu balgispun memasuki istana tersebut sambil menyincingkan  gaun bajunya sebab istana tersebut lantainya berlantaikan air, nabi sulaiman hanya tersenyum dan memperhatikan sang ratu itu, seraya berkata;’’Istanah ini terbuat dari kaca dan bukan terbuat dari air!’’ mendengar  perakataan nabi sulaiman ratu balgispun menjadi tersipu malu,dan akhirnya ratu balgispun memutuskan untuk masuk ISLAM,serya berkata:’’Ya,tuhanku,sesungguhnya aku telah berbutdholimterhadapdirikusendiri,danakuberserah diri bersa ma sulaiman kepada Allah,tuhansemestaalam.
SEORANG RATU YG MEMPUNYAI POWER KEKUASAAN  ATAS KAUMNYA HARTANYA MELIMPAH RUAH,KECANTIKANYA YG TERSOHOR DISEURUH NEGRI SABAIYA.KETIKA MELIHAT KEKUASAANNYA ALLAH IA BERSIMPUH BERPASRAH DIRI MENGHARAP PENGAMPUNAN ATAS KESALAHANYA,YG DAHULU MENYEMBAH MATAHAI KINI MENJADI WANITA SEJATI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar